Isolasi dan Identifikasi Bakteri Endofit pada Batang dan Daun Tanaman Songgolangit (Tridax procumbens (Lour.))

  • Hamtini Hamtini Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Wida Nurhati Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Mellysa Rahmita Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Citra Trisna Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Juli Rahmawati Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
  • Shufiyani Shufiyani Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, Poltekkes Kemenkes Banten
Keywords: Endophytic bacteria, Tridax procumbens, Songgolangit, Antibacterial

Abstract

Bakteri endofit adalah bakteri yang hidup di dalam jaringan tumbuhan secara simbiotik dengan membentuk koloni selama periode tertentu dari siklus hidupnya dan dapat menghasilkan metabolit sekunder. Salah satu tanaman yang memiliki potensi untuk dikembangkan bakteri endofit dari obat tradisional adalah tanaman Songgolangit (Tridax procumbens (Lour)). Tanaman ini merupakan tanaman herba menahun yang digunakan sebagai tanaman obat yang hampir seluruh bagian tanamannya dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri endofit serta mengetahui jenis bakteri endofit yang terdapat pada batang dan daun tanaman Tridax procumbens. Bakteri endofit diisolasi dari batang dan daun tanaman Tridax procumbens menggunakan metode sterilisasi permukaan kemudian dikulturkan pada media Trypticase Soy Agar (TSA) + antibiotik nistatin 100 ppm lalu diidentifikasi melalui pewarnaan Gram serta dilakukan preservasi bakteri endofit pada agar miring Trypticase Soy Agar (TSA) dan gliserol 40%. Hasil penelitian diperoleh 25 isolat bakteri endofit yang terdiri dari 16 isolat bakteri pada batang dan 9 isolat bakteri pada daun tanaman Tridax procumbens. Isolat bakteri endofit yang diperoleh dari pengamatan Gram didapatkan hasil 17 isolat bakteri endofit Gram (+) dan 8 isolat bakteri endofit Gram (-). Jumlah bakteri endofit di dalam tanaman tidak dapat ditentukan secara pasti, namun bakteri endofit dapat dideteksi dengan mengisolasi pada media agar dan Teknik isolasi yang tepat.

Published
2022-10-31
How to Cite
1.
Hamtini H, Nurhati W, Rahmita M, Trisna C, Rahmawati J, Shufiyani S. Isolasi dan Identifikasi Bakteri Endofit pada Batang dan Daun Tanaman Songgolangit (Tridax procumbens (Lour.)). JoMLR [Internet]. 31Oct.2022 [cited 28Mar.2024];1(1):19-2. Available from: http://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/JoMLR/article/view/430

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.